windizone
Put your Code Adsense links Here

Club Motor | (1) Honda | (6) Komputer | (5) News | (3) Otomotif | (10) Psikologi | (2) Sejarah | (3) Video | (1)
 Propolis Melia Nature Dan Melia Biyang harga Nego DIJAMIN MURAH DAN ASLI, klik banner iklan untuk info lebih lanjut


Radiator pada kendaraan merupakan suatu bagian dari sistem komponen pendingin kendaraan yang berfungsi untuk menjaga suhu mesin kendaraan agar tetap normal saat berkendaraan sehingga apabila komponen yang satu ini tidak berfungsi dengan baik maka pengaruh yang akan dialami oleh kendaraan anda adalah overheating / panas berlebih pada mesin yang akibatnya bisa sangat fatal yaitu semua komponen dalaman mesin (terutama klep/katup masuk dan buang bahan bakar serta komponen lainnya) akan mengalami pemuaian yang berlebihan dan dapat dipastikan kendaraan anda pasti akan turun mesin.

Dari pemaparan diatas, hal yang paling ditakuti pengemudi dalam berkendaraan terumata jika anda melakukan perjalanan jauh terlebih lagi pada malam hari adalah salah satunya penyakit yang ditimbulkan radiator beserta efek sampingnya yaitu radiator bocor yang disebabkan oleh korosi atau karat pada permukaan sirip pendingin pada radiator, sehingga dapat dipastikan anda mau tidak mau harus berhenti serta menepikan kendaraan.

Nach berikut adalah tips untuk menjaga dan merawat radiator kendaraan anda, hal ini berlaku juga bagi kendaraan bermotor yang memiliki radiator (apapun merknya):

1. Pada kendaraan baru sebelum anda mengisi air radiator, pastikan anda menambah cairan zat kimia kedalam radiator anda yang bernama radiator coolant kemudian tambahkan air hingga radiator anda penuh. Cairan ini efektif membantu mencegah terjadi korosi pada radiator serta saluran jacket pendingin pada mesin sehingga anda tidak perlu khawatir akan korosi yang ditimbulkan oleh air yang digunakan untuk mengisi radiator anda.

Gb. Proses pemasukan cairan kimia radiator flush & radiator coolant

2. Jika kendaraan anda lama alias bukan baru, maka proses akan bertambah panjang karena berhubung sudah terjadi proses korosi pada saluran jacket pendingin mesin dan radiator anda maka proses yang anda mesti lakukan dengan cara menguras radiator anda. Menguras radiator dilakukan bisa dengan sendiri menggunakan cairan kimia bernama radiator flush, hal ini dilakukan untuk melepaskan korosi pada saluran jacket pendingin mesin dan radiator anda. caranya :
  • Buang semua air radiator anda dengan jalan membuka penutup keran pada bagian bawah radiator hingga benar2 kosong dan tutup kembali keran tersebut.
  • Masukan setengahnya cairan kimia radiator flush kedalam radiator anda dan tambahkan air hingga penuh kemudian hidupkan mesin kurang lebih 20 menit. Setelah 20 menit berlalu matikan mesin dan buang semua cairan dalam radiator anda dengan jalan membuka keran radiator anda bagian bawah.
  • Setelah kosong tutup kembali keran dan masukan air bersih tanpa cairan kimia dan hidupkan mesin selama 5 menit setelah itu buang kembali, proses ini dilakukan hingga 10 kali dengan durasi 5 menit.
  • Setelah 10 kali sudah dibilas dengan air bersih maka masukan kembali sisa cairan kimia radiator flush anda tersebut seluruhnya dan lakukan seperti pada proses diatas (a-c).
  • Setelah selesai baru masukan cairan kimia radiator coolant dan isi dengan air bersih ke dalam radiator anda
Sedangkan untuk trik radiator bocor jika sampai terjadi suatu saat nanti, cara yang paling mudah dan sederhana adalah dengan jalan membeli sebungkus sabun colek / sabun cream di warung dan oleskan pada bagian radiator yang mengalami kebocoran dan tunggu hingga kering, dimana biasanya jika radiator dalam keadaan setengah panas atau hangat paling lama juga membutuhkan beberapa menit saja < 5 menit sedangkan untuk jarak tempunya ... anda pasti akan terkejut (asalkan sabun cream yang di oleskan benar2 kering). Selamat mencoba jika hal ini menimpa anda ketika sedang berpergian dan keadaan untuk kebengkel tidak memungkinkan ...


Read more:http://gudanginformasipengetahuan.blogspot.com/2009/07/tips-trik-radiator-kendaraan.html#ixzz1wvwnuxm9


Share Tips & Trik Radiator Kendaraan Below:

Leave Comments

dofollow blog
You do not have a unique ID to comment? Use the option Name/URL, you can empty the URL box..
Adsense Links 125x125
previous previous